Senin, 10 Februari 2014

Pembelajaran Online Guru Elektronik

Pembelajaran Online Guru Elektronik - Pembelajaran Online Guru Elektronik

Pemahaman saya tentang blogger didapat karena seringnya berselancar di mbah google. Aktivitas ngeblog saya bermula sekitar tahun 2010 karena terinspirasi dari rekan guru blogger, Sebagai guru elektronik berkeinginan untuk berbagi informasi. Awal ngeblog niatnya hanya untuk iseng-iseng sebagai diary tempat menuliskan unek-unek selama menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai guru. Pada saat itu blogger belum saya gunakan sebagai Media Pembelajaran Online.

Sampai suatu ketika, saya bertemu sebuah website yang didedikasikan khusus untuk guru-guru Indonesia yang diberi title : GURARU, Guru Era Baru yang disponsori oleh Acer Indonesia. Dengan kemampuan otodidak di dunia blogging, mulailah saya Ngeblog untuk Pembelajaran berbasis Online, memanfaatkan blog dalam kegiatan belajar mengajar.

 Pembelajaran Online Guru Elektronik saya mulai pembelajaran e-learning dengan memanfaatkan blog sederhana ini. Berbagai gadget yang tersedia di blogspot saya fungsikan agar bisa dimanfaatkan oleh siswa saya khususnya. Agar lebih interaktif, saya juga melengkapi artikel dengan soal online maupun offline. Sehingga blog tersebut bisa diakses dimana saja, kapan saja baik guru, siswa maupun blogger. Selain sarana berbagi artikel blog ini juga bisa dimanfaatkan untuk menguji kemampuan siswa dalam materi yang saya sampaikan melalui quis online.

Dengan memanfaatkan blog untuk pembelajaran dengan meletakkan materi belajar secara online, lalu menugaskan peserta didik untuk mendapatkan (downloading) materi belajar itu sebagai tugas baca. Setelah itu siswa diminta untuk mengumpulkan laporan ataupun tugas sebagainya kembali ke guru juga melalui internet. Laporan beragam baik melalui pengiriman email, menulis di blog siswa ataupun print hasil Ujian Online.

Sebagai seorang guru yang mengampu mata pelajaran elektronik maka materi atau artikel pembelajaran yang saya posting di blog ini adalah artikel yang berhubungan dengan materi pelajaran yang saya ampu di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Sehingga semua materi pembelajaran saya dapat diakses secara berulang-ulang oleh siswa kapan saja dan dimana saja selagi masih ada jaringan internet.

Proses KBM dengan menggunakan Blog ngeBlog untuk pembelajaran online Laughing

ketika proses belajar mengajar saya memanfaatkan artikel di blog untuk menjelaskan pelajaran.

Secara umum artikel pembelajaran elektronik yang saya ampu saya himpun dalam kategori-kategori tersendiri. Kategori tersebut sebagai kata kunci untuk mencari artikel yang berhubungan dengan pelajaran yang saya sampaikan didepan kelas. Sehingga dengan adanya kategori artikel tersebut siswa dapat dengan mudah mengakses dari sekian banyak artikel yang ada di blog adi surya. Laughing
SHARE TWEET
Terimakasih sudah membaca artikel Pembelajaran Online Guru Elektronik dengan URL http://adisuryaxiibrandal.blogspot.com/2014/02/pembelajaran-online-guru-elektronik.html. Sempatkan juga untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

1 komentar:

Unknown | Balas
idu.raharja.info adalah sebuah media pemebelajaran online yang memudahkan aktivitas pembelajaran dan perkuliahan. yuk join di idu.raharja.info

Tulis komentar anda untuk artikel Pembelajaran Online Guru Elektronik di atas!